Pilih Mana ? Youtube Ataukah Blog ?

Halo sahabat blogger dan halo juga sahabat youtuber, hehehehe maaf kalau artikel ini akan membahas sedikit tentang keresahan penulis akan dua pilihan yang sama seperti tertulis pada judul artikel kali ini. 

PILIH MANA YOUTUBE ATAUKAH BLOG

Diantara kedua pilihan ini sebenarnya saya tidak akan memilih tetapi akan sedkit memberikan pembahasan berdasarkan pengalaman saya mengunakan kedua social media ini, berikut beberapa alasan mengapa saya memilih :

Youtube :

PRO
  1. Saya memilih youtube karena kita tidak perlu merangkai kata sabanyak yang biasa seseorang tuliskan pada sebuah artikel blog, kita hanya perlu mengupload sebuah vidio yang mematuhi kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak youtube.
  2. Tidak perlu memikirkan SEO,Backlink,dan Sebagainya yang berperan dalam peningkatan content, yang kita perlukan hanyalah sebuah pilihan oleh pengunjung untuk mengklik like,coment,share,dan subscribenya saja hal ini sudah bisa mendongkrak channel kita untuk berada di deretan teratas.
  3. Pendapatan dari youtube sangatlah mudah untuk didapatkan.
  4. Pendapatannya stabil.
CONTRA
  1. Youtube merupakan aplikasi mobile yang sangat sensitif dan perlu ketelitian dalam menggunakannya.
  2. Terlalu banyak content yang di reupload oleh seseorang yang tak bertanggung jawab dan hanya memikirkan dirinya sendiri dan tak memikirkan content yang dihasilkan oleh sipembuat sebenarnya.
  3. Persaingan yang semakin ketat.
  4. Memerlukan tenaga dan aplikasi untuk membuat konten vidio.
  5. Menggunakan banyak data internet.
Blog :

PRO
  1. Mudah dalam membuat sebuah karangan, dan disesuikan dengan judul konten yang dibuat.
  2. Hanya memerlukan tenaga yang sedikit.
  3. Persaingan konten yang masih sedikit.
  4. Dapat melatih pola pikir kita dalam menyampaikan sesuatu melalui internet.
  5. Melatih kita dalam menyusun sebuah kalimat yang dapat dicerna oleh semua golongan masyarakat yang menggunakan fasilitas internet.
  6. Tidak memerlukan penggunaan data yang besar.
CONTRA
  1. Harus berusaha untuk mengoptimasi SEO.
  2. Betul-betul merencanakan susunan artikel dengan penyusunan kata dan penerapan judul yang sesui artikel dan koten blog.
  3. Pendapatan dari blog sangat kecil, apalagi untuk wilayah lokal :(.
  4. Perlu memperhatikan segala kebijakan blogger baik dari TOS dan sebagainya.
  5. Susah dalam membuat akun adsanse.
Nah sebenarnya artikel ini saya tujukan untuk pembaca yang merasa bimbang atas pilihan mana yang seharusnya mereka ambil. Namun dibalik semua itu baik itu youtube maupun blog , keduanya adalah sama-sama bagian dari google. Jadi saran penulis kepada kalian yaitu, gunakan lah kedua social media ini dengan benar dan konsisten agar anda dapat merasakannya dikemudian hari, jadi silahkan anda pelajari semua tentang sistem kerja youtube dan sistem kerja blog agar kalian juga dapat menerima profit sesuai dengan usaha yang anda keluarkan , Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, Salam Sukses :).

Comments